(061)8210161
info@ust.ac.id

Program Studi

Program Studi Teknik Arsitektur

Visi

Program Studi Teknik Arsitektur S-1: Menjadi Program Studi Teknik Arsitektur yang menghasilkna Sarjana Arsitektur yang dapat diandalkan keilmuan arsitekturnya dan mampu bersaing secara global dalam pengembangan IPTEKS melalui Perancangan dan riset pada tahun 2023.


Misi

Program Studi Teknik Arsitektur S-1: Menyelenggarakan Program Studi Arsitektur yang berorientasi pada pencapaian (achievement oriented) dengan menanamkan nilai-nilai moral dan etika untuk menghasilkan sumber daya manusia yang unggul keilmuan arsitekturalnya melalui pengembangan kegiatan pemutakhiran ilmu pengetahuan dan teknologi agar dapat bersaing secara sehat dalam era globalisasi.


Tujuan

Program Studi Arsitektur S-1:

  1. Menyelenggarakan pendidikan arsitek yang berorientasi pada proses pencapaian untuk menghasilkan sumber daya manusia intelektual yang kompeten dalam keilmuannya dan terampil menerapkan ilmunya secara profesional, bermoral dan beretika sesuai dengan perkembangan kebutuhan masyarakat.
  2. Menyelenggarakan program pendidikan arsitektur yang berorientasi pada kompetensi sebagai berikut:
    1. Mampu memahami dan menerapkan ilmu pengetahuan dan ketrampilan bidang ilmu Arsitektur, merumuskan penyelesaian masalah-masalah, terutama di bidang perencanaan dan perancangan.
    2. Mampu bekerja mandiri maupun bersama dalam bidang-bidang kerja yang sehubungan dengan keteknikan Arsitektur di lingkungan pemerintah dan swasta maupun lembaga pengembangan keilmuan dan pendidikan.
    3. Mampu berkarya secara profesional dengan menjunjung tinggi nilai-nilai moral dan etika dalam setiap perilaku dan karyanya serta tanggap dan memiliki kepekaan yang kontekstual terhadap situasi sosial, budaya dan lingkungan, khususnya bidang Teknik Arsitektural di tengah-tengah masyarakat.


Kompetensi Akademik

Program Studi Arsitektur S-1: mampu menyiapkan dan menyajikan atau mempresentasikan gambar-gambar arsitektural maupun gambar-gambar teknik secara dua dimensi atau tiga dimensi dengan baik dan komunikatif; mampu merancang, mendesain bangunan rumah tinggal (sederhana, sedang dan mewah), bangunan-bangunan gedung berlantai rendah (low rise buildings) sampai dengan lantai tinggi (high rise buildings), baik yang bermassa tunggal maupun bermassa banyak, membuat gambar-gambar pelaksanaan (construction drawings) dan detail (detail drawings), membuat spesifikasi administrasi umum dan teknis pelaksanaan dan bahan bangunan yang akan digunakan di lapangan; mampu menyiapkan dan menyajikan rancangan ruang dalam (interior design) sebuah bangunan pribadi (private) maupun umum (public) sederhana maupun kompleks/rumit umum dan menyajikannya dalam bentuk gambar-gambar pelaksanaannya di lapangan; mampu menghitung volume pekerjaan (bill of quantity) dan membuat rencana anggaran biaya bangunan dengan lengkap; mampu menganalisis dan membuat rencana pengembangan tata ruang, tata bangunan dan lingkungan sebuah kawasan perkotaan, kawasan wisata dan kawasan permukiman dan menyajikannya dalam bentuk gambar-gambar dua dan tiga dimensi dengan baik dan komunikatif, dan mampu menggunakan komputer sebagai alat bantu dalam menggambar (CAD).